a. Konsep Kepemimpinan Situasional Seorang Manajer
Makna
kata “kepemimpinan” erat kaitannya dengan makna kata “memimpin”. Kata
memimpin mengandung makna yaitu kemampuan untuk menggerakkan segala sumber yang ada pada suatu organisasi sehingga dapat didayagunakan secara
maksimal untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Suatu kenyataan
kehidupan organisasional bahwa pimpinan memainkan peranan yang amat penting, bahkan dapat dikatakan amat mnentukan dalam usaha pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Memang benar bahwa pimpinan, baik secara individual maupun kelompok, tidak mungkin dapat bekerja sendirian. Pimpinan membutuhkan sekelompok orang lain, yang digerakkan sedemikian rupa sehingga para bawahan itu memberikan pengabdian dan sumbangsihnya kepada organisasi, terutama dalam cara bekerja yang, efisien, efektif, ekonomis dan produktif.
Dengan kata lain seorang pemimpin harus menunjukkan kemampuan untuk:
- Pemegang kemudi organisasi yang cekatan dengan jalan membawa organisasi ke tempat tujuan yang ditetapkan sebelumnya tanpa melalui terlampau banyak penyimpangan (detour) yang jika terjadi dengan frekuensi yang tinggi akan mengakibatkan pemborosan dan inefesiensi.
- Berperan selaku katalisator yang mampu meningkatkan laju jalannya roda organisasi yang diharapkan terjadi atas dalil “deret ukur” dan bukan “deret hitung”.
- Peranan selaku “bapak” terutama di kalangan anggota organisasi. Sering dalam organisasi baik organisasi swasta maupun pemerintahterdengar istilah “keluarga besar”, hal ini menunjukkan bahwa dalam organisasi tersebut telah terjalin hubungan emosional kekeluargaan yang kondusif dan hangat.
b. Gaya Kepemimpinan Situasional Seorang Manajer
Gaya
Kepemimpinan seorang manajer beragam macamnya. Gaya Kepemimpinan
Situasional merupakan pendekatan yang sangat efektif, untuk meningkatkan
kreatifitas seorang manajer dalam menghadapi suatu masalah tergantung
situasi yang dihadapi. Gaya kepemimpinan situasional adalah perilaku dan
gaya kepemimpinan bersifat situasional. Dimana pimpinan atau
seorang manajer harus menyesuaikan responnya menurut kondisi atau
tingkat perkembangan kematangan karyawan, serta memberikan sejumlah
pengarahan dan dukungan yang bersifat sosioemosional. Gaya kepemimpinan
ini mempunyai manfaat, yaitu pengambilan keputusan cepat, dapat
memberikan kepuasan pada pimpinan serta memberikan rasa aman dan
keteraturan bagi bawahan. Seorang pemimpin dapat melakukan berbagai cara dalam kegiatan mempengaruhi atau memberi motivasi orang lain atau bawahan agar melakukan tindakan-tindakan yang selalu terarah terhadap pencapaian tujuan organisasi. Cara ini mencerminkan sikap dan pandangan pemimpin terhadap orang yang dipimpinnya,
dan merupakan gambaran gaya kepemimpinannya. Pemimpin berfokus pada
mengerjakan yang benar sedangkan manajer memusatkan perhatian pada
mengerjakan secara tepat (”managers are people who do things right and
leaders are people who do the right thing, “). Kepemimpinan memastikan
tangga yang kita daki bersandar pada tembok secara tepat, sedangkan
manajemen mengusahakan agar kita mendaki tangga seefisien mungkin.
Setiap orang memiliki bakat sendiri-sendiri. Setiap orang juga memiliki
kemampuan untuk bisa bergerak maju mendapatkan apa yang mereka mau, dan
juga apa yang diinginkan oleh organisasi. Pemimpin sejati memberikan
dorongan dari belakang, tetap mengarahkan agar sesuai tujuan, dan mampu
memastikan bahwa orang-orang di dalam organisasi bekerja sesuai dengan
arah dan strategi yang telah ditetapkan. Perilaku kepemimpinan memiliki
ciri-ciri pokok, yaitu:
- perilaku instruktif; komunikasi satu arah, pimpinan membatasi peranan bawahan, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan menjadi tanggung jawab pemimpin, pelaksanaan pekerjaan diawasi dengan ketat.
- perilaku konsultatif; pemimpin masih memberikan instruksi yang cukup besar serta menentukan keputusan, telah diharapkan komunikasi dua arah dan memberikan supportif terhadap bawahan, pemimpin mau mendengar keluhan dan perasaan bawahan tentang pengambilan keputusan, bantuan terhadap bawahan ditingkatkan tetapi pelaksanaan keputusan tetap pada pemimpin.
- perilaku partisipatif; kontrol atas pemecahan masalah dan pengambilan keputusan antara pimpinan dan bawahan seimbang, pemimpin dan bawahan sama-sama terlibat dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan, komunikasi dua arah makin meningkat, pemimpin makin mendengarkan secara intensif terhadap bawahannya, keikutsertaan bawahan dalam pemecahan dan pengambilan keputusan makin bertambah.
- perilaku delegatif; pemimpin mendiskusikan masalah yang dihadapi
dengan bawahan dan selanjutnya mendelegasikan pengambilan keputusan
seluruhnya. kepada bawahan, bawahan diberi hak untuk menentukan
langkah-langkah bagaimana keputusan dilaksanakan, dan bawahan diberi
wewenang untuk menyelesaikan tugas-tugas sesuai dengan keputusan sendiri Dimanapun posisinya, dan apapun perannya akan tetap saling mendukung dan menopang.
Ada empat respon kepemimpinan yang sering diterapkan yaitu :
- Memberikan arahan yaitu kepemimpinan
yang mengarahkan, merupakan respon kepemimpinan yang perlu dilakukan
oleh manajer pada kondisi karyawan lemah dalam kemampuan, minat dan
komitmenya. Sementara itu, organisasi menghendaki penyelesaian
tugas-tugas yang tinggi. Dalam situasi seperti ini Hersey and Blancard
menyarankan agar manajer memainkan peran directive yang tinggi,
memberi saran bagaimana menyelesaikan tugas-tugas itu, tanpa mengurangi
intensitas hubungan sosial dan komunikasi antara pimpinan dan bawahan.
- Bersahabat
(Friendly) yaitu pada kondisi karyawan menghadapi kesulitan
menyelesaikan tugas-tugas, takut untuk mencoba melakukannya, manajer
juga harus memproporsikan struktur tugas dengan tanggungjawab karyawan.
Selain itu, manajer harus menemukan hal-hal yang menyebabkan karyawan
tidak termotivasi, serta masalah-masalah yang dihadapi karyawan. Pada
kondisi karyawan sudah mulai mampu mengerjakan tugas-tugas dengan lebih
baik, akan memicu perasaan timbulnya over confident. Kondisi ini,
memungkinkan karyawan menghadapi permasalahan baru yang muncul.
Masalah-masalah baru yang muncul tersebut, seringkali menjadikannya
putus asa. Oleh karena itu, setelah memberikan pengarahan, manajer harus
memerankan gaya menjual. Dengan mengajukan beberapa alternatif
pemecahan masalah.
- Setia
Kawan (Kebersamaan) yaitu gaya kepemimpinan ini adalah respon manajer
yang harus diperankan ketika tingkat kemampuan karyawan akan tetapi
tidak memiliki kemauan untuk melakukan tanggung jawab, karena
ketidakmauan atau ketidakyakinan mereka untuk melakukan tugas/tangung
jawab seringkali disebabkan karena kurang keyakinan. Dalam kasus seperti
ini pemimpin perlu membuka komunikasi dua arah dan secara aktif
mendengarkan mendukung usaha-usaha yang dilakukan para
bawahan/pengikutnya.
- Tegas
yaitu pimpinan sedikit memberi pengarahan maupun dukungan, karena
dianggap sudah mampu dan mau melaksanakan tugas/tanggung jawabnya.
Mereka diperkenankan untuk melaksanakan sendiri dan memutuskannya
tentang bagaimana, kapan dan dimana pekerjaan mereka harus dilaksanakan.
Pada gaya delegasi ini tidak terlalu diperlukan komunikasi dua arah.
c. Implementasi Pendekatan Situasional Seorang Manajer
Pendekatan situasional menekankan pada ciri-ciri pribadi pemimpin dan situasi, mengemukakan dan mencoba untuk
mengukur atau memperkirakan ciri-ciri pribadi ini, dan membantu
pimpinan dengan garis pedoman perilaku yang bermanfaat yang didasarkan
kepada kombinasi dari kemungkinan yang bersifat kepribadian dan
situasional. Pendekatan situasional atau pendekatan kontingensi merupakan suatu teori yang berusaha mencari jalan tengah antara pandangan yang mengatakan adanya asas-asas organisasi dan manajemen yang bersifat universal, dan pandangan yang berpendapat bahwa tiap organisasi adalah unik dan memiliki situasi yang berbeda-beda sehingga harus dihadapi dengan gaya kepemimpinan tertentu. Pendekatan situasional bukan hanya merupakan hal yang penting bagi kompleksitas yang bersifat interaktif dan fenomena kepemimpinan, tetapi membantu pula cara pemimpin yang potensial dengan konsep-konsep yang berguna untuk menilai situasi yang bermacam-macam dan untuk menunjukkan perilaku kepemimpinan yang tepat berdasarkan situasi. Peranan pemimpin harus dipertimbangkan dalam hubungan dengan situasi dimana peranan itu dilaksanakan. Pendekatan situasional dalam kepemimpinan mengatakan bahwa kepemimpinan
Dalam implementasinya, pendekatan yang dilakukan akan berdampak positif
dan bersifat tepat sasaran. Walaupun organisasi menghendaki
penyelesaian tugas-tugas yang tinggi.Disarankan agar manajer memainkan
peran directive yang tinggi, memberi saran bagaimana menyelesaikan
tugas-tugas itu, tanpa mengurangi intensitas hubungan sosial dan
komunikasi antara atasan dan bawahan. Komunikasi dua arah menuntut
keahlian manajemen puncak mencerna informasi yang disampaikan para
manajer dan karyawan, terutama keluh kesah mereka (bottom-up) dan
keahlian menyampaikan informasi dari pucuk pimpinan perusahaan ke
seluruh manajer dan karyawan (top-down). Sementara
itu, komunikasi tatap muka menuntut manajemen puncak meluangkan waktu
berkunjung ke lokasi kerja manajer dan karyawan. Kunjungan ini sangat
bermanfaat bagi kelancaran komunikasi dua arah, serta memompa semangat
kerja manajer dan karyawan. ditentukan tidak oleh sifat kepribadian
individu-individu, melainkan oleh persyaratan situasi sosial. Dalam kaitan ini Sutisna menyatakan bahwa “kepemimpinan” adalah hasil dari hubungan-hubungan dalam situasi sosial, dan dalam situasi berbeda para pemimpin memperlihatan sifat kepribadian yang berlainan. Jadi, pemimpin dalam situasi yang satu mungkin tidak sama dengan tipe pemimpin dalam situasi yang lain dimana keadaan dan faktor-faktor sosial berbeda. Lebih lanjut Yukl menjelaskan bahwa pendekatan situasional menekankan pada pentingnya faktor-faktor kontekstual seperti sifat pekerjaan yang dilaksanakan oleh unit pimpinan, sifat lingkungan eksternal, dan karakteristik para pengikut. Sementara Fattah berpandangan bahwa keefektifan kepemimpinan bergantung pada
kecocokan antara pribadi, tugas, kekuasaan, sikap dan persepsiDidalam
Pendekatan situasional ini, seorang manajer dituntut keberaniannya
mengambil risiko dan kesediaan menerima kenyataan yang pahit sekalipun.
Kesewenang-wenangan manajemen puncak terhadap manajer dan karyawan dapat
dicegah, serta keputusan-keputusan dapat diambil dengan
mempertimbangkan kepentingan semua pihak (stakeholder).
http://ringgodoank.blogspot.com/2009/12/pendekatan-situasional-kontingensi.html
0 komentar:
Posting Komentar